PENGERTIAN MDF, HDF DAN PARTIKEL BOARD

PENGERTIAN MDF, HDF DAN PARTIKEL BOARD

PARTIKEL BOARD MITRA INTERIOR
MDF kepanjangan dari Midlle Density Fibreboard yang terbuat dari resin semacam bahan kimia yang di rekatkan dan dipadatkan, bahan yang dipakai biasanya diambil dari kayu sisa perkebunan atau bambu. MDF  lebih dinamis, murah dan ramah lingkungan. Berbentuk seperti papan lembaran.

HDF kepanjangan dari Hight Density Fibreboard, sama halnya dengan  MDF tapi ini lebih kuat dan padat juga sedikit lebih mahal dari MDF. Namun keduanya masih lebih murah dari PLYWOOD dan BLOCKBOARD.
dMDF/HDF diproses menyerupai bahan kertas yang tebal dan solid, MDF/HDF biasa digunakan untuk furniture fabrikasi yang dijual dalam bentuk  matang jadi biasanya pelapis luarnya kertas bertektur. kedua bahan ini biasa sebagai bahan FURNITURE import.

PARTIKEL BOARD terbuat dari bahan sisa pekerjaan gergaji atau serbuk gergaji, potongan kayu kecil, serpihan kayu, dan resin direkatkan dengan tekanan tinggi lalu di keringkan melalai oven. Partikel board ini kurang kuar walaupun direkatkan dengan tekanan tinggi karena tidak tahan lama juga tidak tahan air. Apalagi daerah kita rawan banjir jadi jangan ambil resiko. Karena Partikelboard di buat berbahan dasar serbuk kayu yang paling rendah sehingga memiliki pori-pori lebih besar dari pada MDF/HDFjadi rentan air, dan tidak kuat menahan beban berat. Untuk pengguna bahan furniture dalam interior berdasar desaign khusus partikel board jarang dipakai.